5 Persiapan Penting dalam Rencana Pernikahan

Posted on

      Pernikahan adalah momen istimewa yang tidak akan terlupakan. Tidak hanya mengikatkan janji untuk saling mengasihi sehidup semati, pernikahan juga mengumumkan secara resmi kepada teman dan saudara akan kabar bahagia ini. Untuk itu, diperlukan banyak persiapan sebelum melaksanakan pernikahan.

Persiapan pernikahan sangatlah krusial untuk mengatur dan mengelola acara sedemikian rupa agar sesuai dengan pernikahan impian Anda. Anda harus memiliki konsep yang matang dan tingkat budget tertentu untuk mewujudkannya. Artikel ini akan membahas mengenai persiapan dan beberapa tips untuk Anda, selamat membaca!.

Merinci Anggaran Pernikahan dengan Detail

      Mempersiapkan anggaran adalah suatu hal yang krusial. Setelah menentukan konsep pernikahan, ada baiknya Anda merinci anggaran yang akan dibutuhkan. Ini akan memudahkan Anda dalam memilih dan menentukan banyak hal. Contohnya, ketika Anda menganggarkan penyewaan gaun seharga sepuluh juta untuk rangkaian akad dan respsi. Maka proses pencarian Anda tidak hanya terpaku pada model tertentu sehingga over budget dan mempengaruhi persiapan pernikahan yang lainnya.

Buatlah rincian dana dengan detail. Catatlah hal-hal kecil seperti dana hand boquet, atau fee pengisi acara jika Anda menghendaki adanya pengisi acara dalam pernikaha Anda. Tulislah dengan detail, jika perlu sertakan dana lain-lain jika ada kejadian tak terduga mendekati hari H. Setelah mengetahui budget yang diinginkan dengan konsep tertentu, mulailah survey dan mempersiapkan banyak hal untuk pernikahan Anda.

Gedung Pernikahan dengan Lokasi Strategis

      Resepsi pernikahan bisa digelar di rumah atau di gedung sewaan. Ada orang yang lebih memilih menggunakan halaman rumahnya dan menggunakan sedikit badan jalan untuk melaksanakan pernikahan. Ada juga orang yang menggelar resepsi pernikahannya di dalam gedung untuk meminimalisir banyak resiko.

Menggelar resepsi pernikahan di halaman rumah memang memiliki beberapa poin plus. Selain alamat rumah yang sudah diketahui banyak orang, tetangga pun dapat membantu persiapan pernikahan Anda. Sayangnya, resepsi semacam ini tentunya sangat mengganggu pengguna jalan raya dengan sound yang berdentum keras dan terop yang memakan bahu jalan. Resepsi yang digelar di halaman rumah tentunya juga jauh lebih murah dibandingkan dengan resepsi di gedung sewaan.

Menggelar resepsi di gedung sewaan lebih efektif dan efisien. Anda memang harus membayar sewaan dengan tingkat harga tertentu, namun Anda pasti juga mendapatkan jasa yang setimpal. Resepsi yang dilaksanakan di dalam gedung lebih privat dan tidak mengganggu ketenangan orang lain. Selain itu, gedung yang digunakan pasti juga telah dikenal dan diketahui banyak orang, serta tidak susah dicari untuk orang-orang baru.

Memilih gedung resepsi tidaklah sulit. Berikut ini adalah beberapa catatan bagi Ada dalam memilih gedung pernikahan :

  1. Gedung pernikahan tidaklah harus berada di tengah kota dengan segala kemewahan. Asalkan denah atau posisi gedung mudah dicari, rasanya sudah bisa menjadi calon gedung resepsi pernikahan.
  2. Gedung resepsi baiknya adalah sebuah hotel atau persewaan gedung yang cukup dikenal masyarakat. Lebih baik tidak menggunakan bangunan yang belum banyak dikenal orang. Ini membuat gedung resepsi Anda terasa sulit dicari bagi para tamu.
  3. Pilih gedung yang memiliki akses mini truck dan tempat parkir yang cukup. Tentunya saat pernikahan, akan banyak barang dan katering yang masuk mendatangi gedung. Apa jadinya jika gedung yang Anda sewa tidak memiliki akses tersebut ? Semuanya akan kacau dan rencana akan terhambat.

Pembagian Undangan Tidak Terlalu Lama/Mepet dengan Hari H

      Setelah menentukan gedung pernikahan, baiknya Anda segera mencetak undangan. Paling tidak dua minggu sebelum hari H resepsi pernikahan. Jika Anda terlambat menentukan gedung pernikahan, carilah percetakan yang bisa mengerjakan undangan Anda dengan lebih cepat sehingga tidak terlalu mepet dengan hari H.

Pastikan jumlahnya cukup. Hindari mencetak undangan setengah-setengah. Hanya akan membuat Anda sibuk sendiri karena tidak bisa mengirimkan undangan sekaligus.

Banyak sekali keuntungan jika Anda mengirimkan undangan pernikahan jauh-jauh hari. Teman teman Anda dapat mengosongkan jadwal di hari tersebut. Anda juga bisa menambah peluang kedatangan tamu. Terkadang, ada pasangan yang menitipkan banyak undangan kepada teman-temanya. Namun karena mepet, ahirnya banyak undangan yang tidak tersampaikan dan tamu tidak sesuai ekspektasi.

Jika perlu, kirimkan undangan digital kepada teman yang tidak Anda ketahui alamatnya dan belum sempat menitipkan undangannya. Atau Anda dapat memberikan nomor RSVP sebagai konfirmasi kehadiran pada undangan agar bisa mengira-ngira budget untuk hari H.

Pembentukan Panitia yang Menguasai Bidangnya

      Undangan sudah tersebar dan gedung sudah di booking. Kini saatny Anda mulai menyiapkan detail acara pernikahan. Sibuk bekerja maupun tidak, mau tidak mau Anda pasti membutuhka tim yang bekerja di hari H Anda. Tidak mungkin pasangan mempelai mempersiapkan semua mikrofon, pernak pernik atau dekorasi hanya berdua. Harus ada tim yang siap membantu kelancaran acara.

Bagi yang memiliki budget lebih, mungkin berbagai event organizer adalah pilihan yang tepat. Hanya dengan menyampaikan konsep yang matang dan membayar sejumlah fee kepada perusahaan, Anda sudah dapat menikmati hasil kerjanya di hari H.

Namun, jika Anda ingin memilih panitia pernikahan sendiri, Anda dapat meminta bantuan teman-teman lama. Anda dapat menghubungi teman Anda yang memiliki jasa fotografi, desain, pembuatan souvenir, make up artist dan sebagainya sehingga Anda benar-benar tau kapabilitas dan kemampuan mereka. Tentukan juga peran mereka, seperti menjadi operator musik, penerima tamu, dan sebagainya.

Pemilihan Tema Pernikahan Sesuai dengan Warna Baju Pengantin

Sebelum menikah, beberapa orang pasti sudah memiliki calon baju pengantinnya. Ada yang sudah mendapatkannya setelah menemukan konsep pernikahan, ada juga yang sebelum. Jika Anda adalah salah satu yang telah memilih gaun pernikahan sebelum membuat konsep, maka menentukan tema adalah suatu perkara yang harus Anda sesuaikan.

Misalnya jika baju pengantin Anda berwarna merah dan emas, Anda dapat memakai tema chinese wedding atau bahkan minang. Tentukan tema yang sesuai dengan gaun yang telah Anda pilih. Pertimbangkan mengenai warna, tone warna, dan suasana yang ingin Anda dapatkan saat hari pernikahan Anda nanti.

Apabila Anda belum mempersiapkan apapun dalam pernikahan, ada baiknya untuk menentukan konsep terlebih dahulu. Ini ditujukan agar tidak ada beberapa hal yang miss dari konsep dan tema yang telah Anda buat, termasuk baju pengantin. Mencari baju pengantin memang harus sabar, tidak semua baju bisa cocok dengan setiap orang. Karena itulah, banyak orang yang terkadang frustasi karena baju yang disukai kurang cocok dan harus mencari yang lain lagi.

Itulah tadi sedikit ulasan mengenai lima hal penting yang harus Anda siapkan untuk hari pernikahan. Semoga dapat membantu Anda untuk mewujudkan pernikahan impian bersama pasangan. Tetap fokus dan jangan melewatkan hal kecil seperti souvenir, buku tamu, dan pemilihan among tamu. Saling komunikasi dan percaya akan menjadikan pernikahan Anda tak terlupakan. Sampai jumpa di artikel selanjutnya !.