5 Bahan Kebaya yang Bagus dan Nyaman Digunakan

Posted on

Kebaya hadir dalam beragam model yang semakin modern dan fashionable. Selain modelnya yang beragam, kebaya juga dibuat dari bahan yang bervariasi. Variasi bahan inilah yang menjadikan kebaya tersebut nyaman digunakan atau tidak. Adapun bahan pembuatan kebaya pada umumnya diantaranya yaitu brokat, organdi, koal halus, sifon, tule, katun, lace, dan masih banyak lagi lainnya. Supaya anda tidak merasa risih atau terganggu saat mengenakan kebaya, anda harus bisa memilih bahan kebaya yang bagus.

Tak hanya bagus saja, anda juga harus perhatikan apakah bahan kebaya tersebut cocok untuk kulit anda. Jangan sampai anda alergi karena kulit anda tidak cocok dengan bahan kebaya tertentu. Dalam memilih bahan kebaya, anda bisa sentuh kainnya. Rasakan apakah kain tersebut halus, lembut, atau kasar. Baru setelah itu, anda bisa tentukan pilihan. Untuk lebih jelasnya, anda simak saja jenis bahan kebaya yang bagus berikut ini.

Bahan Kebaya yang Bagus

Berikut ini adalah beberapa jenis bahan kebaya yang bagus selengkapnya untuk anda.

1. Katun

Bahan katun ini terasa lembut dan tidak panas. Teksturnya yang lembut tersebut membuatnya mudah menyerap keringat sehingga sangat cocok digunakan untuk pembuatan kebaya encim. Selain itu, katun lebih mudah diaplikasikan seperti halnya dijahit dan dibordir. Adapun ciri khas katun ini ialah serat benang kurang halus, mudah kusut, bahan terasa dingin dan sedikit kaku, rentan terhadap jamur, dan kebaya akan cepat rusak jika direndam lebih dari 2 jam dalam larutan detergen.

2. Satin

Kebaya dengan bahan satin memiliki beragam keunggulan. Satin mempunyai kesan yang mengkilap sehingga menjadikan pemakainya terkesan mewah. Selain itu, satin juga lentur sehingga sangat mudah dibentuk serta dijahit. Kain satin pada saat dikenakan juga menciptakan kesan yang dingin. Dengan begitu, kebaya satin tetap nyaman dikenakan meski seharian. Satin ini juga bisa diberi sentuhan beberapa aksen brokat ataupun hiasan lainnya supaya terlihat lebih cantik.

3. Brokat

Bahan brokat ini terdiri dari 3 jenis, yakni brokat Prancis, brokat semi Prancis, serta brokat lokal. Bahan brokat ini bukanlah bahan renda, bukan pula bordir, ataupun kain lainnya. Brokat atau brocade merupakan jenis kain yang memiliki beragam dekorasi dengan ataupun tanpa benang emas serta perak. Pada umumnya, brokat menampilkan pola yang cukup rumit, seperti halnya bunga-bunga, tanaman, serta unsur-unsur alam lainnya.

4. Tule

Tule merupakan bahan kebaya yang lembut dan tidak licin. Ada beberapa jenis tule yang bisa anda jadikan sebagai bahan kebaya. Jenis tule yang pertama ialah tule polos. Selain itu, ada juga jenis tule dengan taburan marmer. Tule ini seringkali dijadikan sebagai aksen atau obi. Dengan bahannya yang lentur, kebaya dari tule juga mampu menciptakan kesan tubuh yang langsing.

5. Organdi atau Organza

Bahan organdi ini mempunyai tekstur yang lembut dan berkilau. Bahan ini mampu menahan bentuknya serta cocok untuk menimbulkan efek volume atau puffy. Tekstur serta warna organdi memberi kesan mewah. Bahan ini sangat cocok untuk kebaya pesta dan kebaya pengantin. Kebaya dengan bahan organdi ini tidak mampu menyerap keringat serta lebih kaku dari kain katun. Meski begitu, bahan organdi ini mampu memberi kesan yang tidak kalah mewah jika dibandingkan dengan brokat. Pada umumnya, bahan organdi ini terbilang tipis karena dibuat dari tenun sutra. Akan tetapi, saat ini bahan organdi modern juga dapat dibuat dari serat filamen sintetik seperti halnya poliester atau nilon.