Cara Merawat Kebaya Brokat Agar Tetap Awet Digunakan

Posted on

Sebagai busana yang kian diminati, kebaya saat ini dihadirkan dalam beragam model yang kekinian. Tak hanya model, kebaya juga dihadirkan dengan berbagai bahan pembuatan, salah satunya bahan brokat. Kebaya berbahan brokat seringkali ditemui dalam acara pernikahan, wisuda, dan acara formal lainnya. Kebaya brokat memang sangat sesuai digunakan untuk menghadiri berbagai acara. Maka dari itu, ada baiknya anda melakukan perawatan khusus terhadap kebaya brokat anda supaya awet.

Kebaya brokat merupakan salah satu tipe busana yang menggunakan kain halus sehingga membutuhkan perawatan khusus. Perawatan kebaya brokat ini bisa anda lakukan pada saat mencuci maupun menyimpannya. Apabila anda asal dalam mencuci dan menyimpannya, maka kebaya brokat anda akan cepat rusak dan merusak penampilan saat digunakan. Untuk lebih jelasnya, anda simak saja cara merawat kebaya brokat yang kami bagikan berikut ini.

Cara Merawat Kebaya Brokat

Untuk anda yang memiliki baju kebaya brokat, ada baiknya anda perhatikan serangkaian cara merawat kebaya brokat dibawah ini.

Mencuci

Anda perlu untuk memisahkan kebaya brokat dengan baju lain. Setelah itu, rendam dengan deterjen cair yang khusus digunakan untuk mencuci bahan brokat. Dengan menggunakan deterjen cair yang tepat, maka kebaya brokat anda akan bersih dan warnanya tetap terjaga. Biarkan selama 10 menit, lalu bilas dengan cara meremasnya perlahan. Jangan disikat. Keringkan di atas bentangan handuk, kemudian gulung sekaligus tekan supaya air di kebaya brokat meresap ke handuk. Hindari memeras kebaya brokat. Langkah selanjutnya, jemur kebaya brokat dengan cara dibentangkan di tempat sejuk. Ada baiknya hindarkan dari paparan sinar matahari secara langsung.

Selain cara pencucian tersebut, kebaya brokat juga bisa anda cuci dengan menggunakan air jeruk nipis. Cara ini bisa anda lakukan apabila terdapat noda membandel pada kebaya brokat tersebut. Adapun caranya, celupkan bagian kebaya brokat yang terkena noda pada air jeruk nipis. Diamkan sejenak sampai air jeruk nipis meresap. Kemudian rendam dengan air sekitar 10 menit saja. Setelah itu, angkat dari rendaman serta keringkan di tempat sejuk.

Perlu untuk anda pahami, hindari mencuci kebaya brokat terlalu sering apabila tidak terlalu kotor. Anda bisa menyiasatinya dengan cara menjemur kebaya brokat tanpa perlu dicuci. Dengan melakukan cara merawat kebaya brokat yang pertama ini dijamin kebaya brokat anda tidak akan cepat rusak. Setelah mengetahui cara mencuci kebaya brokat yang benar, anda juga perlu tahu bagaimana cara menyimpan kebaya brokat tersebut.

Menyimpan

Supaya tetap bersih, kebaya brokat memang harus disimpan dengan baik di dalam lemari. Namun, hindari menggantung kebaya brokat di lemari. Anda hanya perlu simpan dengan cara melipatnya saja. Hal ini dikarenakan menggantung bisa membuat kebaya brokat melebar sehingga merusak bentuk. Selain itu, menggantung juga dapat merusak hiasan payet. Maka dari itu, lipatlah kebaya brokat dan simpan pada kotak di lemari supaya payet-payet kebaya brokat tidak rusak serta berubah bentuk.

Saat anda menyimpan kebaya brokat di dalam lemari, anda juga harus hindari penggunaan kapur barus ataupun segala jenis kamper lainnya. Hal ini dikarenakan pemakaian kapur barus bisa merusak kebaya bahan brokat. Dalam menghindari bau apek pada kebaya brokat yang jarang digunakan, anda hanya perlu mengeluarkan kebaya brokat dari dalam lemari selama satu bulan sekali. Setelah itu, kebaya brokat diangin-anginkan di tempat sejuk, namun hindari paparan sinar matahari langsung.