Contoh Makanan Sehat untuk Buka Puasa dan Sahur

Posted on

            Menyambut bulan ramadhan, pasti banyak orang yang memanfaatkannya dengan menjual berbagai makanan. Di sore hari, Anda akan menemui berbagai jajanan dan makanan khas ramadhan yang beraneka ragam. Mulai dari kue tradisional, western food, korean food, hingga cemilan-cemilan ringan. Terkadang, kita tergiur untuk membeli banyak sekali makanan, namun kenyataannya tidak semua mampu ditampung oleh lambung. Ada juga jenis-jenis makanan tertentu yang malah membuat kondisi lambung kurang baik setelah puasa.

            Pada bulan ramadhan, penting sekali untuk menjaga kesehatan tubuh. Selain dnegan berolahraga, menjaga kesehatan tubuh juga dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan sehat untuk buka puasa dan saat sahur. Kali ini, artikel ini akan membahas mengenai berbagai makanan yang enak dan sehat untuk mengisi bulan ramadhan Anda, selamat membaca!.

Air Putih

Seperti yang kita tahu bahwa 70% tubuh kita terdiri dari air. Bayangkan jika kita tidak meminum cukup air dalam beberapa hari saja, kulit Anda akan kusam, konsentrasi menurun dan sebagainya. Air putih sangat bermanfaat untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang ketika berpuasa. Meminum 1-1,5 liter air putih saat sahur dapat menjadikan tubuh Anda lebih sehat dan membuang racun melalui urin. Semakin banyak Anda minum air putih, tubuh akan terasa lebih segar dan hydrated.

Ketika sahur, hindari meminum air dingin, teh, maupun kafein. Minuman tersebut dapat membuat Anda cepat haus dan dehidrasi. Lebih baik meminum jus dengan kandungan air yang tinggi seperti melon, atau meminum sari buah asli.

Sumber Karbohidrat

Karbohidrat adalah kandungan yang wajib dikonsumsi ketika berpuasa. Karbohidrat sangat menunjang aktivitas sehari-hari kita. Karbohidrat memiliki banyak fungsi, antara lain sebagai penjaga metabolisme tubuh, pengoksidasian lemak, sumber tenaga, memberikan efek kenyang, dan mendukung kerja protein dalam tubuh.

Pada umumnya, masyarakat mengonsumsi nasi sebagai sumber karbohidrat. Namun, banyak juga makanan sumber karbohidrat lain yang juga baik untuk dikonsumsi saat sahur. Misalnya spageti, ubi, atau bubur kacang hijau. Makanan tersebut memiliki kandungan karbohidrat yang bisa bertahan lebih lama dalam tubuh dalam menstabilkan gula darah.

Oatmeal

Jika Anda tipe orang yang tidak terlalu suka makan nasi atau umbi-ubian, oatmeal juga bisa menjadi pilihan. Makanan yang biasa digunakan sarapan ini juga cocok dikonsumsi saat sahur. Oatmeal adalah makanan berserat tinggi yang dapat memberikan rasa kenyang lebih lama. Selain itu, mengonsumsi oatmeal juga sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung. Anda dapat mengonsumsi oatmeal yang dicampur dengan madu, sedikit gula, ataupun susu kental manis.

Protein

Kebutuhan protein setiap orang berbeda. Biasanya, kebutuha protein seseorang bisa dilihat dari usia, jenis kelamin, berat badan, dan jenis pekerjaan. Protein berguna sebagai antibodi, penggerak otot, dan juga cadangan sumber energi dalam tubuh. Banyak sekali makanan kaya protein yang bisa Anda konsumsi misalnya jamur, kedelai, daging dan telur.

Ketika sahur, hal yang harus diperhatikan adalah cara memasak dan bahan yang digunakan untuk menggoreng. Hindari menggunakan minyak goreng berlebihan, karena akan menimbulkan rasa haus dan tidak nyaman di tenggorokan ketika puasa. Jika Anda memiliki olive oil, gunakan itu sebagai minyak goreng agar lebih sehat. Beberapa orang berpendapat bahwa protein tidak baik dikonsumsi setiap hari, karena akan menimbulkan gejala pada tubuh seperti tumbuhnya jerawat atau beberapa penyakit kulit ringan.

Sayuran

            Kita semua pasti tau bahwa sayur memang memiliki banyak vitamin yang dapat menyehatkan tubuh. Ada beberapa jenis resep sayuran yang sangat bermanfaat bagi tubuh ketika berpuasa. Misalnya sop, sop berisi banyak jenis sayuran yang digabungkan menjadi satu. Dengan mengonsumsi sop, Anda sudah mendapatkan berbagai vitamin, dan juga sedikit karbohidrat dari kentang.

Sayuran lain yang juga sangat kaya vitamin dan serat adalah sayur bayam. Biasanya, sayur bayam dimasak bersama jagung manis yang dipotong, tomat, oyong ataupun manisa. Sayur berkuah bening ini sangat menyegarkan dan memberikan banyak vitamin serta zat besi yang berguna untuk metabolisme tubuh.

Ketika sahur, usahakan untuk tidak memakan sayuran berkuah santan. Sayuran berkuah santan misalnya sayur bobor, sayur manisa, rebung, atau nangka muda. Sayur bersantan cenderung membuat Anda cepat haus dan mengantuk di siang hari.

Buah-Buahan

Buah adalah jenis makanan yang kaya akan serat. Mengonsumsi buah dapat memperbaiki metabolisme tubuh selama berpuasa. Untuk sahur, sebaiknya buah dimakan 10 atau 15 menit sebelum sahur. Sedangkan untuk berbuka puasa, buah yang diolah menjadi jus lebih disarankan.

Beberapa buah yang cocok dikonsumsi pada bulan ramadhan adalah buah yang kaya akan air. Misalnya buah pir, buah naga, buah apel, tomat, jeruk dan jambu. Hal yang harus diperhatikan ketika mengolah buah menjadi jus adalah kadar gula yang ditambahkan. Jangan terlalu banyak menambahkan gula agar rasa buah lebih terasa, dan mengonsumsi jus dengan sedikit gula akan membuat tubuh Anda terasa lebih sehat dan segar.

Takjil yang Sehat untuk Berbuka Puasa

Siapa yang tidak suka dengan takjil ?. Makanan manis untuk mengisi perut sebelum berbuka puasa. Banyak orang yang hampir setiap harinya mengonsumsi takjil berupa cemilan manis yang sebenarnya tidak sehat jika dikonsumsi setiap hari. Mungkin beberapa makanan di bawah ini bisa menjadi inspirasi takjil ramadhan Anda kali ini.

Keripik bayam atau keripik buah. Biasanya, keripik buah dimasak dnegan cara menghilangkan kadar air dalam buah. Sehingga rasa asli buah tidak hilang dan tekstur buah tetap sama. Keripik bisa menjadi takjil yang pas bagi Anda yang tidak terlalu suka ngemil. Makanan sehat seperti keripik bayam, jamur crispy, dan keripik buah bisa menjadi pilihan.

Dibalik rasanya yang manis, ternyata kurma memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan. Kurma dapat mengobati gangguan usus, konstipasi, anemia dan juga alergi. Kurma sangat bermanfaat untuk menjaga berat badan, meningkatkan energi, serta menjaga kesehatan jantung dan juga tulang.

Agar-agar atau jelly juga bisa menjadi salah satu jenis takjil yang sehat. Agar-agar memiliki banyak sekali manfaat terutama bagi pencernaan. Beberapa orang percaya bahwa agar-agar juga bermanfaat bagi kesehatan kulit. Selain itu, teksturnya yang unik dan kenyal sagat cocok digunakan sebagai makanan pembuka (takjil).

Kolak pisang adalah makanan yang seringkali hanya bisa ditemui ketika ramdhan. Jenis makanan ini sangat manis dan terbuat dari santan. Kolak biasanya cukup mengenyangkan, sehingga konsumsi kolak sebelum berbuka sebaiknya dibatasi agar tidak kekenyangan ketika melaksanakan ibadah shalat maghrib. Salah satu makanan khas ini memang sangat cocok untuk menu berbuka, tetapi lebih baik jika tidak dikonsumsi setiap hari.

Itulah tadi ulasan mengenai berbagai makanan sehat untuk sahur dan buka puasa. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda. Selamat berpuasa bagi yang menunaikan, dan sampai jumpa di artikel selanjutnya!.