Desain Cantik Gaun Pengantin Muslimah Yang Modern Dan Syar’i

Posted on

Setiap orang pasti menginginkan pernikahan yang sempurna. Mulai dari persiapan undangan, dekorasi, souvenir, katering, dan berbagai pernak pernik lainnya dilakukan demi mendapatkan pernikahan yang terbaik. Salah satu persiapan yang sangat penting dan biasanya menghabiskan cukup banyak waktu adalah persiapan gaun pengantin. Memilih gaun sama halnya dengan memilih sepatu. Butuh waktu agar menemukan gaun yang cocok, model maupun ukurannya.
Indonesia merupakan negara dengan mayoritas penduduk beragama islam. Karena itu, model gaun yang syar’i sangat diminati di Indonesia. Model kebaya pun kini mulai banyak yang menganut prinsip syar’i sehingga mulai disesuaikan dengan permintaan masyarakat. Dalam artikel ini, kita akan membahas mengenai berbagai model gaun dan kebaya pengantin muslimah modern yang cantik dan syar’i, selamat membaca!.
Gaun Pengantin Muslimah Modern
Inspirasi gaun pengantin di Indonesia memang telah mengadopsi berbagai desain dari luar negeri, terutama Eropa. Ciri khas busana pengantin yang biasanya glamour, dengan pernak pernik yang elega juga diadopsi pada gaun pengantin di Indonesia pada umumnya. Warna warna yang digunakan juga cenderung warna yang lembut seperti putih, pink muda, biru muda, cream, dan seputar tone warna pastel lainnya.


Tentu karena gaun pengantin yang kita bahas kali ini adalah gaun pengantin muslimah, maka akan ada sedikit perbedaan umum yang mendasar dengan gaun pengantin pada umumnya. Gaun pengantin Eropa biasanya berpotongan sebatas dada . Dalam pengantin muslimah, hal ini dapat diakali dengan pemakaian manset seperti contoh di atas. Cara termudah jika Anda memilih gaun berpotongan di dada. Namun, cara ini tidak cukup bisa untuk menutup bentuk tubuh dan masih tergolong kurang syar’i.


Gaun pengantin muslimah modern pada umumnya mengadopsi tambahan model crop tee sebagai penutup area dada. Seperti halnya gaun pengantin yang digunakan oleh putri Aa Gym, Ghaitsa yang digunakan di hari pernikahannya. Ia menggunakan kain brokat untuk penutup dada setelah gaun yang digunakan. Ghaitsa juga mengenakan sarung tangan sebagai aksen sekaligus untuk memberi kesan sopan dan lebih syar’i pada gaun pernikahannya kala itu.
Model gaun pengantin yang dikenakan putri Aa Gym ini bernuansa pastel yang cenderung cerah dan berwarna.

 

Lain halnya dengan Ghaitsa, model gaun pada desain berikut ini cenderung lebih pale atau pucat. Kain yang digunakan sebagai penutup dada bukanlah kain brokat melainkan kain yang lebih tebal. Sedangkan kain brokat menjadi badan gaun secara keseluruhan.


Model gaun pengantin lainnya adalah model gaun asimetris yang menjuntai di bagian belakang. Desain sederhana nan anggun ini bisa Anda imitasi jika Anda senang dengan gaun yang ringan namun istimewa. Penambahan layering dari bagian dada hingga kaki dari kain brokat membuat penampilan Anda tampak lebih kurus dan tinggi. Pemilihan warna yang lebih gelap membuat gaun tidak terkesan monotone dan membosankan.


Desain gaun pengantin modern yang selanjutnya adalah model dress sederhana dengan potongan di perut. Pemilihan warna yang unik memberi stressing point tersendiri pada gaun ini. Motif yang dipilih juga unik sehingga gaun lebih hidup. Penambahan kain tile yang panjang sebagai penutup rok dan tudung yang terawang memberi kesan semakin syar’i dan anggun pada desain gaun pengantin ini.


Model gaun pengantin muslimah modern yang selanjutnya cenderung mirip dengan model kaftan. Hanya saja ada penambahan kain tile sebagai volume gaun dan juga bordir 3D sebagai aksen aksesoris pada gaun. Gaun ini cocok bagi Anda yang menyukai kesederhanaan dan kenyamanan. Modelnya juga tidak berat dan tidak terlalu glamour. Cocok untuk pernikahan di siang hari.
Kebaya Pengantin Muslimah yang Syar’i
Selain gaun pengantin yang diadopsi dari berbagai belahan dunia, kebanyakan masyarakat juga tidak bisa pindah hati dari model baju yang satu ini. Kebaya adalah pakaian tradisional di Indonesia yang berhasil merebut hati para wanita dan menjadi pakaian favorit untuk menghadiri berbagai acara formal nan penting hingga saat ini. Berbagai model kebaya yang unik dan menarik kini juga telah disesuaikan dengan budaya muslim dengan menciptakan kebaya pengantin yang syar’i dan anggun.


Gaun kebaya berwarna merah ini mengadopsi desain kebaya. Pemberian detail payet dan bordir berwarna emas pada gaun sangat identik dengan detail kebaya. Setelan yang dikeakan mempelai pria juga persis dengan setelan kebaya pada umumnya dengan peci berwarna sama. Seperti halnya kebaya, gaun pengantin yang satu ini memberi kesan yang begitu glamour sheingga sangat cocok bagi Anda yang menyelenggarakan pesta pernikahan di malam hari.


Selanjutnya adalah kebaya berwarna krem dengan aksen pink ini. Model kebaya sangat jelas terlihat dari tambahan kain batik di bagian rok. Di bagian pinggang diberikan model peplum untuk pemanis. Sebagai penutup bagian dada, diberikan tambahan kain yang ditempatkan seperti style pada gaun gaun yunani. Model gaun yang satu ini sangat unik, karena modelnya sangat kreatif, namun tetap syar’i dan anggun.

Desain gaun kebaya ini sangat sederhana. Menggunakan desain otentik kebaya brokat pada umumnya dengan payet emas dan rok yang lebar untuk membuat gaun lebih bervolume. Bagian dada ditutup dengan kreasi hijap pada pengantin wanita sehingga tidak ada masalah dengan gaunnya. Gaun yang sederhana ini mungkin bisa menjadi inspirasi bagi Anda.
Warna Gaun Pengantin Muslimah yang Cantik
Seperti yang kita tau, berbagai tema pernikahan memang bisa memberi warna dan kesan tersendiri. Misalnya pernikahan dengan adat minang, maka warna yang digunakan akan cenderung memiliki corak yang bermacam-macam dan warna yang lebih mencolok. Pada dasarnya, tidak ada ketentuan tersendiri mengenai warna-warna untuk gaun pernikahan. Namun berikut ini adalah beberapa warna yangs edang trend dan sangat cantik untuk menjadi warna gaun pernikahan Anda.


Warna putih tentu menjadi pilihan utama. Warna putih dianggap begitu suci dan khidmat. Karena itulah warna ini sering dipilih untuk menjadi nuansa dominan pada pernikahan. Selain itu, warna putih juga sangat cantik di kamera. Memberi space untuk gemerlap aksesoris dan make up pengantin agar tidak tenggelam.


Kuning gading adalah warna yang sangat soft. Kadang, jika tidak ditumpuk dengan kain lain, warna kuning gading kurang terlihat di kamera. Jika Anda ingin tampil lebih berwarna namun tidak ingin mencolok, warna kuning gading bisa menjadi pilihan. Kuning gading juga cocok dipadukan dengan segala warna kulit dan masih cukup netral dipadukan dengan warna tema apapun.


Warna selanjutnya yang tergolong sedang trend saat ini adalah warna abu-abu yang memiliki tone biru. Warna ini sangat cantik dan unik jika difoto. Warna ini juga masih tergolong netral dan cocok dipadukan dengan tema apapun. Bagi Anda yang ingin tampil lebih berani namun tidak ingin terlalu mencolok, pilihan warna ini mungkin akan tepat bagi Anda.
Itulah tadi sedikit ulasan mengenai desain gaun pengantin yang modern dan syar’i. Semoga artikel ini menginspirasi dan sampai jumpa di artikel yang selanjutnya!.