Hal-Hal Penting yang Perlu Diperhatikan Dalam Perkawinan

Posted on

      Pernikahan memang sesuatu yang sangat kompleks. Pernikahan tidak hanya mengenai resepsi, kemudian berakhirlah sudah. Pernikahan berarti membuka lembaran baru dalam hidup Anda bersama orang lain yang tidak sedarah. Artinya, tentunya akan banyak halangan dan hambatan dalam pernikahan Anda yang tidak bisa dihindari. Bayangkan dua kepribadian yang berbeda dipaksa untuk hidup bersama. Karena itulah banyak hal yang harus Anda pahami terlebih dahulu sebelum menikah.

Artikel ini akan menjelaskan mengenai beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam pernikahan dan beberapa tips untuk Anda, selamat menyimak !.

Terkait Undang – Undang Perkawinan

Sebelum menikah, ada baiknya Anda memahami atau minimal membaca beberapa regulasi mengenai pernikahan di Indonesia. Hal ini sangat penting, untuk mengetahui syarat apa saja yang harus dipenuhi sebelum menikah seperti usia dan lain-lain. Beberapa link mengenai undang-undang perkawinan di bawah ini mungkin dapat membantu Anda untuk mendapatkan informasi yang Anda butuhkan.

Undang-undang yang telah dibuat pemerintah sebisa mungkin tidak akan menimbulkan kontroversi. Hukum pernikahan yang telah diatur berisi lebih dari 60 pasal yang menjelaskan tentang berbagai hal. Ada pula beberapa catatan yang telah digarisbawahi oleh pembuat regulasi seperti usia pernikahan, pernikahan beda agama, anak yang lahir by accident, dan poligami.

Ada beberapa regulasi yang telah diusulkan perubahanya seperti batas usia pernikahan seorang perempuan yang awalnya 16 tahun diusulkan menjadi 18 tahun. Hal ini karena usia 16 tahun masih tergolong anak-anak sesuai dengan undang-undang perlindungan anak. Pernikahan beda agama juga sampai saat ini masih dilarang di Indonesia dengan berbagai pertimbagan pembuat regulasi karena dikhawatirkan akan terjadi konflik. Mengikuti berita atau memahami peraturan mengenai regulasi pernikahan menjadi sesuatu yang harus Anda pahami dan ketahui sehingga saat pernikahan tidak perlu menunda karena ada beberapa peraturan yang tidak diperbolehkan.

Pahami juga cara membuat buku nikah, prosedur yang ada di  kantor urusan agama dan sebagainya. Anda dapat mencari informasi seputar tata cara pra pernikahan dari internet, orang terdekat, atau langsung datang ke Kantor Urusan Agama.
Cara Memahami Pasangan Dan Manajemen Konflik Dengan Pasangan

Pernikahan tidak seperti masa pacaran. Ketika menjalani keseharian dalam pernikahan, tentunya akan terasa banyak perbedaan yang tidak pernah Anda ketahui semasa pacaran. Masa pacaran biasanya memperlihatkan manis manis dan kebiasaan baik saja, sedangkan ketika menikah Anda akan mengerti segala kebiasaan baik dan buruk pasangan.

Perbedaan kebiasaan antara keduanya sangat mungkin untuk menjadi sumber konflik ringan dalam rumah tangga. Saling memahami dan komunikasi menjadi kunci utama agar konflik tidak terjadi berlarut-larut. Cobalah untuk berbicara kepada pasangan Anda jika ada hal yang terasa tidak nyaman sehingga tidak menyulut konflik.

            Mulailah terbiasa mengalah. Hidup bersama orang lain memang kadang sangat melelahkan, jika keduanya sama sama teguh pada ego masing-masing dan tidak ada yang mau mengalah. Bayangkan jika dalam suatu konflik, pada akhirnya Anda meminta maaf dan mengalah. Tentunya suasana akan menghangat dan cek cok tidak akan terjadi. Tidak apa-apa mengalah untuk beberapa hal, bukan berarti Anda selalu salah dan malas berdebat. Hanya saja terkadang mengalah adalah jalan terbaik agar konflik dalam pernikahan tidak terjadi berlarut-larut.

Menerima Keluarga Besar Suami/Istri Sebagai Keluarga Baru

Setelah menikah, Anda tidak hanya menikahi pasangan. Anda juga menikahi keluarganya, saudaranya, sehingga menerima keluarga besar pasangan Anda juga merupakan salah satu kewajiban. Sudah semestinya Anda mengerti sifat keluarganya, dan memahaminya meskipun terkadang berbeda dengan Anda.

Memiliki mertua yang tidak sepaham dengan Anda terkadang adalah sebuah hal yang membuat pernikahan menjadi tidak nyaman. Namun, jika Anda bisa memahami dan melihat dari sisi positif, mungkin Anda akan lebih mengerti sudut pandang dan maksud dari apa yang mertua Anda katakan. Komunikas dengan pasangan juga perlu untuk tahu bagaimana cara mendapatkan hati mertua.

Mendapatkan hati mertua bukan berarti menjilat. Mendapatkan hati mertua ini bertujuan untuk mengakrabkan dan mendekatkan diri sehingga kekeluargaan benar-benar terasa. Sekeras apapun keluarga baru dari pasangan Anda, jangan menyerah untuk tetap mendekatkan diri dan menyesuaikan.
Mempersiapkan Konsep & Budget Pernikahan Jauh-Jauh Hari

Persiapan konsep dan budget dapat dilaksanaka sebelum penentuan tanggal pernikahan. Mungkin Anda dan pasangan belum pernah memikirkannya pada masa pacaran. Sebenarnya, sejak masa pacaran, jika Anda dan pasangan sudah serius melamar dan memutuska untuk menikah, Anda sudah dapat berangan angan dan menabung untuk keperluan pernikahan.

Menyiapkan konsep dan budget pernikahan memang sebaiknya dipikir matang-matang terlebih dahulu. Anda dapat mencari banyak referensi di internet, atau di beberapa event organizer, bahkan dari teman-teman yang sudah berpengalaman dalam pernikahan. Pastikan konsep pernikahan yang ingin Anda wujudkan affordable bagi Anda dan pasagan sehingga untuk menabungnya pun tidak menghabiskan seluruh gaji Anda berdua.

Menabung untuk menikah butuh waktu bertahun-tahun. Sebaiknya Anda mulai dari sekarang. Membuat rekening baru bersama pasangan adalah solusi yang tepat. Setiap bulannya, Ada dan pasangan dapat menyisihkan sedikit gaji untuk tabungan pernikahan. Setelah pernikahan pun tabungan ini juga masih bisa terus Anda gunakan untuk tabungan anak Anda kelak. Dengan model tabungan seperti ini, ketika pertemuan keluarga dan memutuskan tanggal penrikahan, Anda dan pasangan telah siap dengan sejumlah dana untuk menikah.
Membuat Kejutan Wedding Anniversary Setiap Tahun

Semua orang menyukai kejutan. Tidak hanya wanita, lelaki pun suka dengan kejutan. Merayakan wedding anniversary setiap tahun adalah salah satu moment yang dapat Anda gunakan untuk memberikan kejutan kepada pasangan. Mengingat momen terbahagia dalam hidup Anda berdua tentunya seharusnya lebih berkesan daripada ulang tahun. Anda berdua telah menciptakan kehidupan haru yang memang layak untuk dirayakan setiap tahun.

Memberikan kejutan wedding anniversarry tidak harus mahal. Tidak harus dengan kue coklat dan lilin. Memberikan kado sederhana seperti dekorasi kamar di rumah dengan romantis, makan malam bersama di restoran yang dulunya tempat Anda pacaran juga dapat menajdi pilihan.

Saling menulis surat bisa menjadi kenangan terindah. Setiap tahunnya, Anda dapat saling mengirimkan surat kepada pasangan. Sehingga kelak jika Anda sudah tua, dapat membaca surat itu bersama-sama dan menjadi pengalaman manis yang bisa diceritakan kepada anak cucu.

Yang jelas, jangan sampai pernikahan membuat keromantisan dalam hubungan Anda berkurang. Menikah malah seharusnya membuat Anda dan pasangan menjadi lebih dekat dan leih romantis karena tinggal di bawah atap yang sama. Tetap saling memahami dan jangan menyerah satu sama lain agar hubungan Anda awet hingga akhir hayat Anda.

Itulah tadi beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam pernikahan dan beberapa tips untuk menghadapi beberapa masalah pernikahan. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dan memberikan pengetahuan mengenai undang undang pernikahan. Sampai jumpa di artikel selanjutnya !