Jenis Bahan & Kain Kebaya Untuk Seragam Panitia Pernikahan

Posted on

Dalam melangsungkan pernikahan, baju pengantin sangat penting untuk dipersiapkan sejak awal. Selain busana pengantin, baju seragam panitia juga harus diperhatikan. Seperti yang kita semua ketahui, panitia memiliki peranan penting bagi kelangsungan acara pernikahan yang digelar. Adapun salah satu jenis bahan yang sering digunakan sebagai seragam panitia pernikahan ialah kebaya. Bahan kebaya itu sendiri tersedia dalam beragam varian.

Jenis Kain Kebaya Untuk Seragam Panitia Pernikahan

Untuk mengetahui apa saja jenis bahan dan kain kebaya yang cocok untuk seragam panitia pernikahan, anda simak saja ulasan lengkapnya di bawah ini.

Brokat

Seragam panitia pernikahan bisa anda buat dengan menggunakan bahan brokat. Banyak orang yang salah mengartikan brokat sebagai bahan renda, bordir, ataupun kain lainnya. Padahal brokat adalah jenis kain yang memiliki beragam dekorasi dengan ataupun tanpa benang perak dan emas. Bahan brokat seringkali menggunakan pola yang rumit.

Satin

Selain brokat, anda juga bisa menggunakan bahan satin untuk membuat seragam panitia pernikahan. Satin itu sendiri merupakan jenis kain yang ditenun dengan menerapkan teknik serat filamen. Dengan begitu, kain ini mempunyai ciri khas permukaan yang licin dan mengkilap. Ciri khas tersebut menjadikan bahan satin terasa lembut saat disentuh. Dengan menggunakan bahan satin, panitia pernikahan anda akan terlihat glamor dan lebih feminim.

Sifon

Bahan lainnya yang bisa anda gunakan untuk membuat seragam panitia pernikahan ialah sifon. Bahan sifon memiliki tekstur yang lembut. Tak hanya itu, bahan yang satu ini juga lebih halus saat disentuh. Ketika digunakan pun, seragam panitia pernikahan yang menggunakan bahan sifon terasa ringan. Panitia pernikahan yang menggunakan seragam berbahan sifon tak akan merasa terganggu saat bekerja.

Katun

Bahan yang satu ini sangat populer dijadikan sebagai kebaya. Hal ini dikarenakan bahan katun memiliki tekstur yang lembut. Tak hanya itu, bahan katun juga tak panas ketika digunakan. Penggunakan bahan katun juga memudahkan dalam hal menjahit dan membordirnya. Terasa lebih nyaman lagi karena bahan ini mampu menyerap keringat secara baik. Adapun jenis kebaya yang sering menggunakan bahan katun ini ialah kebaya encim.

Organdi

Bahan organdi atau yang juga dikenal dengan sebutan bahan organza mempunyai tekstur yang lembut dan berkilau. Bahan yang satu ini juga mampu menampilkan kesan mewah. Bahkan bahan ini tak kalah mewah seperti bahan brokat. Kain organza itu sendiri biasanya tipis. Hal ini dikarenakan bahan organdi dibuat dari tenun sutra. Meski begitu, saat ini telah tersedia kain organdi modern yang dibuat dengan serat filamen sintetik. Sebut saja poliester atau nilon. Di pasaran, bahan organza hadir dalam bentuk polos dan bermotif. Anda bisa memilihnya sesuai keinginan.