Rencana Pernikahan Komplit Dan Lengkap

Posted on
Pernikahan merupakan suatu acara yang sakral yang hanya terjadi sekali dalam seumur hidup. Tak ayal jika perencanaan pernikahan harus disiapkan jauh-jauh hari sebelum hari H agar mendapatkan hasil yang memuaskan. Perencanaan pesta pernikahan harus dilakukan dengan matang, detail, dan seminimal mungkin untuk tidak melakukan kesalahan. Karena pesta pernikahan akan terus terkenang di dalam hidup seseorang dan mencari cerita yang menarik untuk anak-anak Anda kelak. Maka sudah sewajarnya kalau Anda harus mempersiapkan pesta pernikahan dengan semaksimal mungkin.

Namun sayangnya banyak dari kita yang masih bingung harus mulai perencanaan pesta pernikahan dari mana. Apakah harus memesan tempat pesta pernikahannya terlebih dahulu atau menyewa wedding organizer atau bagaimana. Hal ini wajar karena masih baru pertama kali. Tapi kalau yang sudah berpengalaman memang tidak usah ditanya lagi, pasti mereka sudah tau harus bagaiamana. Lalu bagaimana dengan yang baru pertama kali membuat perencanaan pesta pernikahan seperti ini? Jangan kuatir, artikel rencana pernikahan komplit dan lengkap ini akan membantu Anda dalam membuat perencanaan pesta pernikahan yang baik dan benar. Berikut rencana pesta pernikahan komplit dan lengkap.

 

Rencana Pernikahan Komplit Dan Lengkap

Perencanaan pesta pernikahan yang baik memang harus dilakukan berbulan-bulan sebelum pesta pernikahan, paling tidak 6 bulan sampai 12 bulan sebelum hari H untuk mendapatkan pesta pernikahan yang memuaskan dan agar Anda tidak terburu-buru. Apalagi jika Anda masih pertama kali, tentu akan membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama dari orang yang sudah profesional. Semakin lama waktu perencanaan semakin baik, tapi juga jangan lama-lama, maksimal 12 bulan sudah cukup.

Oya sebelum Anda membaca rencana pernikahan yang komplit dan lengkap berikut ini, alangkah baiknya jika Anda mempersiapkan satu buah buku untuk membuat checklist yang memuat acara dan rencana pesta pernikahan Anda, termasuk langkah-langkah utama yang harus di ambil. Lalu apa saja yang harus dipersipakan? Berikut ulasannya:

 

6-12 Bulan Sebelum Hari H

1. Tentukan tema atau konsep pesta pernikahan yang akan Anda adakan, apakah pesta pernikahan bergaya islami atau pesta pernikahan yang di adakan di gereja, pesta pernikahan bergaya klasik modern, pesta pernikhan yang lebih santai dan bebas seperti di taman dan pantai, pesta pernikahan yang sederhana, dan lain sebagainya. Alangkah baiknya jika Anda disukasikan matang-matang bersama pasangan dan keluarga, kalau perlu minta saran pada teman-teman Anda yang sudah berpengalaman. Jangan sampai salah memilih tema atau konsep pesta pernikahan agar tidak menyesal.

2. Putuskan seberapa besar biaya yang akan Anda keluarkan untuk pesta pernikahan Anda. Buat resolusinya agar budget tidak melebihi dari anggaran yang telah ditentukan. Usahakan untuk menyesuaikan dengan kemampuan finansial Anda dan jangan terlalu memaksakan diri untuk menggelar pesta pernikahan yang mewah jika budget kurang mencukupi. Namun juga jangan terlalu hemat dan pelit. Apalagi untuk budget yang dikeluarkan di bagian konsumsi. Karena konsumsi atau menu hidangan merupakan salah satu kunci kesuksesan pesta pernikahan.

3. Tetapkan tanggal dan waktu pesta pernikahan. Anda bisa mengadakan rapat kecil antara kedua belah pihak yakni anggota keluarga Anda dan keluarga pasangan untuk menetapkan hari, tanggal, dan bulan yang pas untuk pesta pernikahan Anda.

4. Tentukan tempat diadakannya atau tempat berlangsungnya pesta pernikahan Anda. Diskusikan pula dengan pasangan dan anggota keluarga. Jika sudah ada gambaran, Anda bisa datang langsung ke gedung/tempat tersebut untuk melihatnya langsung dan menanyakan biaya penyewaan. Untuk bahan perbandingan, Anda bisa merencanakan lebih dari satu tempat dan datangi satu persatu. Jika Anda sudah yakin, segera booking tempat tersebut. Jangan lupa dalam memilih tempat pesta pernikahan, Anda harus menyesuaikan dengan tema atau konsep pesta pernikahan Anda, apakah indoor seperti gedung dan restoran atau outdoor seperti di pantai, taman, dan lain sebagainya.

5 Tentukan dekorasi pernikahan seperti apa yang akan Anda pakai. Anda bisa menyesuaikan dekorasi pernikahan dengan tema atau konsep yang sudah Anda pilih. Jika sudah ada gambaran, segera datangi florist atau jasa dekorasi di kota Anda. Untuk bahan pertimbangan, Anda bisa mendatangi lebih dari satu florist atau jasa dekorasi. Dan jika sudah mantap dengan florist atau jasa dekorasi yang akan Anda pakai, segera buat reservasi.

6. Pilih fotografer dan videografer yang akan mendokumentasikan pesta pernikahan Anda. Untuk hasil yang maksimal, mintalah saran teman dan kerabat Anda mengenai fotografer dan videografer yang terbaik dengan harga terjangkau di kota Anda. Jika sudah, buat perjanjian dengan fotografer dan videografer yang Anda pilih.

7. Buat daftar nama-nama tamu yang akan Anda undang. Usahakan untuk memprioritaskan tamu yang penting-penting terlebih dahulu, seperti keluarga, tetangga, rekan kerja, dan orang-orang yang sekiranya sering bertemu. Usahakan pula untuk menargetkan jumlah tamu undangan dan sesuaikan dengan jumlah kursi, menu hidangan, dan budget. Biasanya jumlah tamu undangan akan berlipat karena mereka akan mengajak pasangan dan anak. Jika sudah menentukan nama-nama yang akan Anda undang, segera kumpulkan daftar alamat tamu undangan untuk memudahkan pengiriman undangan.

8. Mulailah membuat kartu undangan. Buat dan tentukan desain kartu undangan yang Anda sukai. Anda bisa mendesainnya sendiri atau dengan mendatangi jasa pembuatan kartu undangan di kota Anda. Untuk desain kartu undangan yang cantik dan memuaskan, Anda bisa mencari referensi di Internet atau bisa dengan melihat postingan saya sebelumnya mengenai 15 Contoh Desain Undangan Pernikahan Unik dan Berbeda.

9. Mulailah memesan dan membeli cincin kawin. Jika Anda punya budget lebih, Anda bisa datang ke desainer cincin pernikahan untuk mendapatkan cincin kawin yang indah dan unik.

10. Mulailah  membentuk panitia pesta pernikahan seperti memilih para pengiring pengantin, petugas receptionist, petugas penerima tamu, dan lain sebagainya. Jika Anda sudah memilih, segera datangi satu persatu ke rumah mereka untuk menyanyakan kesanggupannya.

11. Bila ingin menyewa jasa wedding organizer atau wedding planner, segera lakukan survey pada berbagai wedding organizer yang ada. Kemudian pilih wedding organizer atau wedding planner yang paling sesuai dengan apa yang Anda inginkan.

12. Jika ingin menggunakan mobil pengantin, mulailah mencari dan memesan mobil pengantin segera. Untuk sopirnya Anda bisa menyewa atau meminta bantuan teman, kerabat, atau saudara Anda yang sanggup.

13. Mulailah mendatangi desainer gaun pengantin di kota Anda untuk memesan gaun pengantin. Sebagai bahan pertimbangan Anda bisa bertanya pada teman, kerabat, atau saudara mengenai desainer gaun pengantin terbaik dengan harga yang sesuai dengan kantong Anda. Atau Anda juga bisa mencari berbagai informasi yang tersebar luas di internet. Kalau untuk model gaun pengantinnya sendiri Anda bisa menyesuaikan dengan tema atau konsep pesta pernikahan yang Anda pilih, apakah gaun pengantin tradisional atau modern.

14. Mulailah mencari dan memilih catering yang akan Anda gunakan agar segera menentukan menu hidangan apa yang akan Anda sajikan pada tamu undangan Anda. Untuk pesta pernikahan yang digelar di restoran atau hotel, buat perjanjian dan rencana yang detail kepada pihak yang bersangkutan mengenai menu hidangan, susunan tempat duduk, tata letak parkiran, pengamanan seperti polisi, ijin keramaian jika diperlukan, dan lain sebagainya.

15. Jika akan mengadakan honeymoon, segera putuskan tujuan honeymoon dan lakukan pemesanan tempat serta transportasinya.

 

4-5 Bulan Sebelum Hari H

1. Segera selesaikan daftar nama-nama tamu undangan penting dan biasa. Jika sudah, segera tulis/ketik dan lakukan pencetakan nama-nama tamu undangan ke label yang akan Anda tempelkan ke kartu undangan. Kalau untuk kartu undangannya sendiri juga jangan lupa untuk melakukan pencetakan.

2. Bagi yang beragama Islam segera hubungi petugas KUA dan perangkat-perangkat yang diperlakukan lainnya untuk proses ijab qabul. Kalau untuk yang beragama Katolik atau Kristen bisa menyesuaikan dengan menghubungi pastur atau pendeta, kemudian tentukan waktu dan tempat pemberkatan.

3. Lakukan pengecekan untuk busana pengantin Anda dan pasangan, pastikan di bulan-bulan ini busana pengantin Anda dan pasangan sudah hampir jadi.

4. Beritahukan kepada panitia pesta pernikahan dan anggota keluarga untuk merencanakan seragam atau gaun yang akan dikenakan sesuai dengan tema warna yang Anda pilih di pesta pernikahan. Atau Anda juga bisa membeli atau menyewanya sendiri gaun untuk pengiring wanita, jas untuk pengiring laki-laki, seragam untuk panitia, dan lain sebagainya.

5. Pastikan pilihan Anda dan lakukan deal dengan wedding fotografer/videografer dan jasa dekorasi pernikahan yang sudah Anda pilih.

6. Jika menggunakan foto prewedding, segera lakukan pemotretan untuk foto prewedding dengan fotografer pilihan Anda.

7. Mulailah membuat dan menentukan susunan acara. Kemudian segera booking MC, musik penghibur, dan orang-orang lainnya yang Anda pilih untuk mengisi hiburan di pesta pernikahan Anda.

8. Segera lakukan pemilihan dan pemesanan kue pengantin.

9. Mulailah menentukan dan membeli souvenir pernikahan. Pilihlah souvenir pernikahan yang unik dan bermanfaat, namun tetap sesuai dengan kantong Anda. Jika sudah, segera buat pesanan ke penjual souvenir pernikahan dan jangan lupa untuk menghiasnya dan diberi nama Anda dan pasangan serta ucapan terimakasih.

 

2-3 Bulan Sebelum Hari H

1. Urus dan lengkapi dokumen-dokumen penting dengan menghubungi kantor catatan sipil dan melengkapi dokumen yang diminta.

2. Buat perjanjian dengan dokter untuk melakukan kesehatan pranikah.

3. Mulailah mengatur pola makan atau diet atau perawatan tubuh agar tubuh Anda lebih bagus dan ramping saat hari H. Jangan lupa pula untuk melakukan perawatan wajah ke salon kecantikan, kalau Anda punya kulit gelap, alangkah baiknya jika Anda mulai melakukan cara-cara memutihkan wajah secara alami tanpa efek samping, tapi ingat jangan terlalu berlebihan.

4. Konfirmasikan honeymoon, seperti tempat tujuan, booking hotel, dan booking transportasi.

 

6-8 Minggu Sebelum Hari H

1. Mulailah menempelkan label yang berisi nama-nama tamu undangan ke dalam kartu undangan yang sudah dicetak.

2. Tentukan hairstylist atau hijab stylist dan perias pengantin yang akan Anda gunakan. Jika sudah menemukan yang pas, segera booking untuk hari pernikahan Anda. Untuk model rambut atau model hijab Anda bisa menentukan sendiri dengan melihat berbagai referensi model rambut pengantin dan model hijab pengantin yang tersebar luas di internet. Atau Anda juga bisa berkonsultasi langsung dengan hairstylist atau hijab stylist yang sudah Anda pilih. Kalau untuk perias pengantin, usahakan untuk melakukan test makeup terlebih dahulu dengan perias pengantin yang sudah Anda pilih agar hasilnya memuaskan saat hari H.

3. Tentukan musik pengiring pernikahan dan konsultasikan pada MC.

4. Mulailah belanja pernak-pernik pernikahan dan segala sesuatu yang dibutuhkan untuk pernikahan seperti bingkisan untuk pengiring pengantin, makanan untuk menyuguhi tamu yang datang ke rumah, dan lain sebagainya.

5. Mulailah membersihkan rumah dan mengecat ulang dinding-dinding di rumah Anda agar terlihat bersih, cantik, dan nyaman saat keluarga Anda datang ke rumah atau tamu yang datang ke rumah.

 

4-5 Minggu Sebelum Hari H

1. Lakukan pengiriman undangan kepada tamu undangan sesuai dengan alamat tamu undangan yang sudah Anda kumpulan sebelumnya.

2. Ambil pesanan cincin kawin.

3. Ambil pesanan souvenir pernikahan.

4. Jika Anda mengadakan honeymoon di luar negeri, segera pesan mata uang asing untuk honeymoon.

 

2-3 Minggu Sebelum Hari H

1. Tulis/ketik susunan acara pernikahan yang sudah dibuat kemudian cetak dan gandakan untuk diberikan masing-masing kepada: keluarga pengantin, para pengiring, panitia pesta pernikahan, supir, petugas foto dan video, dan lain sebagainya.

2. Kalau perlu, adakan rapat kecil semua panitia pesta pernikahan agar lebih pasti dan memuaskan.

3. Konfirmasikan jumlah tamu undangan dan hal-hal lain yang diinginkan kepada pengurus gedung, pihak catering/restoran/hotel.

4. Konfirmasikan semua pesanan dan detail untuk bunga, sewa mobil pengantin, fotografer/videograffer, dekorasi pernikahan, kue pernikahan, pemain musik, dan lain sebagainya.

5. Lakukan fiting busana pengantin bersama pasangan dan anggota keluarga (jika memesan gaun) lengkap dengan berbagai aksesorisnya. Pastikan untuk memperhatikan ukuran, kenyamanan, dan lain sebagainya. Dan segera beritau jika ada kekurangan atau ada sesuatu yang kurang pas. Untuk sepatu pengantin, jika Anda tidak terbiasa menggunakan high heels, cobalah mulai minggu-minggu ini untuk segera latihan berjalan menggunakan sepatu high heels yang akan Anda gunakan di pesta pernikahan.

6. Jika Anda akan menempati rumah baru, segeralah berkemas-kemas dan menyiapkan barang-barang untuk di bawa ke rumah baru.

 

1 Minggu Sebelum Hari H

1. Bersantailah dan lakukan relaxasi agar pikiran Anda tetap tenang dan tidak stress. Usahakan jangan panik dan yakinlah kalau semuanya akan baik-baik saja.

2. Mulailah berkemas-kemas seperti menyiapkan barang-barang serta segala kebutuhan yang diperlukan untuk honeymoon.

3. Konfirmasi sekali lagi semua persiapan yang telah dilakukan, sekedar untuk mengingatkan dan memastikan.

Itu dia informasi mengenai rencana pernikahan komplit dan lengkap. Semoga informasi di atas dapat membantu Anda dalam menyiapkan perencanaan pesta pernikahan yang baik dan benar. Untuk waktu dan perencanaan pesta pernikahan di atas sangat fleksibel dan Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan Anda sendiri. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply