Strategi dan Cara Bisnis Online Agar Penjualan Meningkat 100 Persen

Posted on

      Bisnis online adalah salah satu jenis bisnis yang mudah dan murah untuk dibuat. Banyak sekali model-model bisnis online yang tidak membutuhkan modal, seperti dropship atau jasa tertentu. Apalagi jika memiliki kecakapan teknologi yang cukup, sepertinya bisnis online bisa sangat menjanjikan bagi Anda. Dengan waktu yang fleksibel, bisnis ini seolah sebagai pekerjaan sampingan yang menguntungkan.

      Bisnis online menyediakan begitu banyak kemudahan bagi masyarakat yang ingin memulai usaha. Tanpa harus berpindah tempat dan membayar uang sewa, Anda sudah bisa menikmati hasil bisnis Anda melalui internet. Sangat menggiurkan, bukan ?. Kali ini, kita akan membahas mengenai cara memulai hingga pemasaran bisnis online agar bisa bersaing dengan ribuan online shopl lainnya.

Memulai Bisnis Online

Memulai bisnis online sangat mudah. Hal yang perlu Anda siapkan adalah internet, barang atau gambar barang yang akan dijual, rekening tabungan, dan kemampuan untuk mengoperasikan berbagai sosial media. Dengan modal ini saja, Anda sudah bisa membuka bisnis online Anda sendiri.

Memulai bisnis online memang sangat mudah. Membuatnya dikenal dan besar adalah hal yang cukup menantang. Banyaknya bisnis online atau online shop (olshop) yang menjamur di media sosial akhir-akhir ini membuat penjual harus pintar dan memutar otak agar dagangannya laku di pasaran. Karena itu, selain menyiapkan perlengkapan bisnis, Anda juga harus menyiapkan mental dan strategi bisnis.

Mulailah bisnis dengan penuh percaya diri. Tidak perlu ragu ragu ataupun minder, justru Anda harus percaya diri dan berani untuk memulai. Jika Anda saja tidak percaya diri, bagaimana orang lain yang tidak mengenal Anda bisa mempercayai bisnis Anda ?. Mulailah bisnis ini sekarang, dan jangan ditunda.

Cara Mendapatkan Banyak Followers pada Bisnis Online

Hal pertama yang dilihat orang ketika mengunjungi profil bisnis online adalah followersnya. Followers atau pengikut bisa menjadi patokan apakah bisnis ini sudah banyak dikunjungi orang lain dan disukai, atau malah tidak ada yang mau menjadi pengikutnya. Sayangnya, akhir-akhir ini banyak online shop yang menggunakan akun palsu agar memiliki banyak followers. Sangat kentara ketika post diunggah, likes dan commentnya akan sangat sedikit. Sehingga sebenarnya followers palsu ini tidak begitu banyak berpengaruh pada penjualan.

Lalu bagaimana cara mendapatkan banyak followers yang asli ?. Berikut ini adalah beberapa tipsnya.

  1. Buka akun artis atau public figure, kemudian klik di bagian followersya. Ikutilah ratusan orang yang kira kira mau memberikan follow back atau kira kira akan tertarik dengan barang yang Anda jual. Jangan terburu-buru melakukan unfollow. Biarkan following Anda bertambah dalam waktu dua minggu atau sebulan. Setelah berkumpul banyak, mulailah unfollow akun akun yang tidak memberikan follow back atau benefit apapun pada online shop Anda. Pertahankan akun yang memberi likes pada post Anda.
  2. Ikuti teman-teman Anda dan orang terdekat. Dengan begini, Anda sekaligus memerkenalkan bisnis baru yang Anda bangun kepada orang orang terdekat.
  3. Follow online shop yang memiliki banyak followers. Seringkali, orang orang menguntin (stalking) following dari online shop. Biasanya following ini adalah online shop yang sudah terpercaya dan direkomendasikan. Nah, siapa tau bisnis online Anda adalah salah satunya.
  4. Anda bisa membeli followers palsu dengan batasan jumlah tertentu. Jangan terlalu banyak membeli followers palsu, akan tampak aneh serta kurang natural bagi bisnis online Anda. Belilah yang sewajarnya seperti 500-1000 followers hanya untuk menambah sedikit jumlah followers, bukan untuk memenuhi akun followers dengan kepalsuan.

Teknik Pemasaran Bisnis Online

Seiring berkembangnya bisnis online, banyak cara-cara baru yang digunakan penjual untuk memasarkan dagangannya. Mulai dari mengadakan giveaway, endorsement, feeds, challenge, dan lain-lainnya. Nah, mari kita bahas tiga teknik pemasaran bisnis online yang paling hits di Indonesia saat ini.

Feeds

Siapa yang tidak tahu feeds saat ini ?. Feeds adalah tatanan posting di instagram yang cantik dan berkesinmbungan satu sama lainnya. Meskipun sering dianggap spam, namun feeds tetap memberikan ketertarikan bagi pembeli. Jika Anda memiliki jiwa seni yang tinggi, tentu feeds bisa jadi daya tarik pemasaran bagi bisnis online Anda.

Endorsement

Teknik ini biasanya dilakukan online shop yang sudah agak besar. Sebelum melakukan endorseent, Anda harus sudah memiliki banyak gambar atau produk yang berkualitas di profil bisnis online Anda. Segementasi pasar harus sudah dibentuk, agar endorsement sampai pada target. Biasanya, online shop membayar sejumlah uang dan memberikan barang kepada public figure untuk diiklankan dalam private social media mereka.

Jika Anda menjual kerudung, maka pilihlah artis atau selebgram yang sesuai dengan image brand Anda. Penentuan target usia juga bisa dilakukan agar endorsement sampai makin tepat sasaran.

Giveaway

Bagi bisnis online, giveaway tidak hanya untuk mengapresiasi pembeli. Tetapi juga untuk memperkenalkan bisnis kepada orang luar yang belum mengenal bisnis Anda. Mungkin memberikan hadiah pada orang yang bukan pelanggan akan sedikit membutuhkan pertimbangan. Namun sisi baiknya, Anda bisa mensyaratkan sesuatu misalnya repost dan lain-lain agar mendapat feedback dari si penerima hadiah.

Teknik pemasaran ini sangat efektif, lho. Apalagi di Indonesia, siapa yang tidak suka dnegan barang gratis ?.

Cara Mengiklankan Bisnis Online

Pengelola media sosial kini telah menambahkan banyak fitur baru. Pada instagram misalnya, mereka menambahkan fitur bussiness profile dan iklan pada beranda media sosial. Facebook, Twitter, hampir semua media sosial memiliki fitur iklan. Di fitur ini, Anda bisa membayar sejumlah uang agar diiklankan dan ditampilkan oleh media sosial yang bersangkutan.

Banyak online shop yang mendadak terkenal karena iklan. Bagaimana tidak ? Setiap kali orang menggulung atau menggeser layar handphone, iklan akan keluar dan menjadi bagian beranda mereka. Otomatis, orang orang akan tertarik membaca dan melihat profil bisnis Anda.

Yang lainnya, Anda bisa mengiklankan bisnis media sosial Anda melalui media massa. Jenis iklan ini biasanya dilakukan oleh online shop yang sudah cukup besar dan memiliki banyak pelanggan. Karena biaya iklan media massa yang tidak sedikit, online shop kecil biasanya belum melakukannya. Membuat iklan di media massa sangat powerful, orang orang senang dengan sesuatu yang elegan namun memiliki harga yang terjangkau. Dengan iklan yang catchy dan bisa dilihat secara nyata, akan lebih menarik pelanggan.

Nah, itulah tadi beberapa tips, trik, dan strategi agar membuat online shop Anda semakin berkembang. Melalui beberapa trik di atas, jika dilakukan dengan benar, bisa meningkatkan profit Anda hingga lebih dari 100% lho !. Jadi jangan remehkan iklan dan strategi pemasaran, ya!.

Sekian dulu artikel kali ini, semoga memberi inspirasi dan pengetahuan baru bagi Anda. Sampai jumpa di artikel yang selanjutnya !