Tips Memilih Cincin Pernikahan Berkualitas Dengan Budget Terbatas

Posted on

Pernikahan merupakan momen sakral yang umumnya terjadi sekali seumur hidup. Maka dari itu, anda harus melakukan persiapan jauh-jauh hari supaya acara pernikahan yang akan berlangsung bisa berjalan lancar. Adapun salah satu hal yang perlu anda persiapkan sejak awal ialah cincin pernikahan. Seperti yang kita semua ketahui, cincin pernikahan digunakan sebagai simbol pengikat kedua pengantin. Oleh sebab itu, memilih cincin pernikahan tidak boleh anda lakukan secara sembarangan.

Ada berbagai hal yang perlu anda pertimbangkan dalam memilih cincin pernikahan yang tepat. Mulai dari model, harga, ukuran, hingga bahan cincin harus anda pikirkan matang-matang. Hal ini dilakukan supaya anda tidak merasa kecewa ketika harus menggunakan cincin tersebut saat acara pernikahan berlangsung. Untuk membantu anda, kami telah rangkumkan beberapa tips memilih cincin pernikahan yang bisa anda simak pada ulasan berikut ini.

Tips Memilih Cincin Pernikahan

Berikut ini adalah beberapa tips memilih cincin pernikahan yang tepat selengkapnya untuk anda.

Bahan

Tips memilih cincin pernikahan yang pertama ialah memperhatikan bahan pembuatannya. Untuk anda yang ingin menggunakan cincin emas, ada baiknya anda memilih cincin emas dengan kadar 18 karat. Cincin dengan 75% emas ini tidak akan berubah bentuk jika digunakan dalam aktivitas sehari-hari. Hindari memilih cincin emas dengan kadar 24 karat. Pasalnya, cincin emas tersebut mengandung logam lunak sehingga mudah berubah bentuk.

Untuk calon pengantin pria, ada baiknya anda memilih cincin pernikahan yang terbuat dari bahan perak. Apapun bahan cincin pernikahan yang anda pilih, pastikan bahwa anda nyaman ketika menggunakannya. Anda tidak alergi ataupun mengalami masalah lain ketika menggunakannya. Pemilihan bahan cincin pernikahan yang salah bisa mempengaruhi kesehatan dan penampilan anda nantinya.

Model

Setelah mengetahui bahan yang diinginkan, kini saatnya anda mempertimbangkan model cincinnya. Banyak orang yang menyarankan kepada para calon pengantin untuk memilih cincin pernikahan yang berwarna putih dengan berlian bulat. Saran tersebut bukan tanpa alasan. Cincin pernikahan dengan model tersebut memiliki bentuk yang tidak bersudut. Dengan begitu, cincin pernikahan tersebut bisa menampilkan sinar yang terlihat lebih bagus.

Dalam memilih model cincin pernikahan, anda juga perlu menyesuaikannya dengan pekerjaan anda dan pasangan. Apabila anda bekerja sebagai insinyur di area pengeboran minyak, ada baiknya anda memilih desain cincin pernikahan yang sederhana namun kokoh. Jika anda ingin menggunakan cincin pernikahan dengan batu permata, anda bisa pilih desain cincin pernikahan dimana batu permatanya ditanam di dalam sehingga melekat kuat.

Anda juga bisa pilih model cincin pernikahan yang mudah dibersihkan. Cincin pernikahan dengan model yang rumit tentu saja akan membuat anda merasa kesulitan dalam membersihkannya. Selain itu, pastikan cincin pernikahan yang anda pilih sesuai dengan bentuk dan ukuran jari anda. Apabila jari anda berbentuk kecil, anda sebaiknya hindari memilih cincin pernikahan dengan bentuk lebar. Hal ini dikarenakan kurang serasi dilihat.

Harga

Harga cincin pernikahan sangatlah bervariasi. Biaya yang perlu dikeluarkan untuk mendapatkan cincin pernikahan tergantung pada bahan yang digunakan. Semakin berkualitas bahan pembuatannya, maka semakin mahal pula harga cincin pernikahan tersebut. Dalam hal ini, ada baiknya anda menyiapkan budget sesuai kemampuan. Anda jangan terlalu memaksakan diri. Alangkah baiknya lagi jika anda memilih cincin pernikahan yang mempunyai garansi seumur hidup. Dengan begitu, cincin pernikahan tersebut juga bisa dicuci secara cuma-cuma tanpa adanya batasan waktu.